Wednesday, December 11, 2013

Gadget dan Trend

Gambar 1.1 Gadget dan Trend

Hai kawan - kawan, ketemu lagi nih. Kali ini saya akan membahas sesuatu yang agak berbobot ya emang, dibanding post gue yang lalu2. Saya akan membahas gadget dan trend nya, dewasa ini gadget menjadi primadona rakyat indonesia, dengan indonesia sebagai salah satu "pengkonsumsi" gadget terbanyak di asia tenggara. Pengkonsumsian gadget juga didasari dari masyarakat yang lapar akan informasi melalui internet dan juga trend dari kalangan anak muda sampai ke orang tua yang selalu membuka gadget mereka di kala ingin berchatting ria atau mencari informasi. Didalam post blog saya ini, saya akan membahas tentang Gadget, bagaimana Trend menggunakan gadget ada di kalangan masyarakat kita dan perusahaan elektronik apa saja yang ikut andil dalam trend itu.

Sebenarnya Apa Sih Arti dari “Gadget” dan “Trend” itu Sendiri?

Gadget adalah suatu piranti atau alat yang diciptakan dengan teknologi. Rancangan gadget berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi biasa yang ada pada saat penciptaannya. Perbedaan gadget dengan teknologi lainnya adalah unsur pembaruan dan gadget biasanya dibuat berukuran lebih kecil dibanding barang elektronik lainnya. Definisi untuk trend adalah sesuatu yang sedang populer dan hangat diperbincangkan atau booming di masyarakat. Seperti trend dari gadget, contohnya banyak masyarakat yang menggunakan gadget, banyak yang memperbincangkan gadget terbaru, mencobanya, membelinya, dll.

Mengapa Kita Perlu Menggunakan Gadget?

Gambar 3.1 iPad E-book
Berdasarkan pembahasan yang saya dapat dari mimbar akademik di kampus saya. Saya merasa bahwa gadget sangat perlu di jaman yang serba elektronik ini, jaman nya BYOD (Bring Your Own Device) untuk kemudahan dalam segalanya karena kita bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Biasanya kamu membawa buku yang lumayan berat, tapi sekarang kamu dapat membawa buku yang hanya berupa data yang biasa ada di smartphone atau tablet, disebut juga dengan E-book. Selain praktis, trend E-book ini juga bisa mengurangi pemanasan global dengan menghemat produksi kertas dan mengurangi penebangan pohon. Disamping itu, gadget juga bisa sebagai alat untuk memudahkan kamu meng-akses sosial media. Kegunaan dari sosial media sendiri dapat bersosialisasi dengan singkat di jarak yang jauh ataupun dekat via internet. Untuk lebih jelasnya, saya akan membahas tentang sosiak media di post selanjutnya.





Bagaimana Trend Menggunakan Gadget itu Terjadi?

Menurut pengamatan saya dan pengakuan dari beberapa pihak. Banyak masyarakat mengikuti trend menggunakan gadget karena faktor – faktor yang mendukungnya, seperti:
  • Kebutuhan: Kita beli dan pakai karena butuh, ini adalah faktor utama orang membeli gadget. Semuanya serba gadget, ingin membeli makanan? Tinggal order pakai gadget. Ingin bertransaksi? Ada aplikasi ATM di gadget. Ingin mengirim email atau chat dengan rekan kerja dan sanak saudara? Bisa pakai gadget, tinggal klik dan send, sangat mudah bukan?
  • GengsiSangat sering terjadi di kalangan masyarakat Indonesia, kalau kata orang – orang “gengsi digedein, beli hape aja ngutang ! ”. Masyarakat kita yang membesarkan ego biasanya membil gadget hanya untuk pamer atau tidak mau kalah dengan teman temannya, sangat tidak patut dicontoh karena tidak menggunakan gadget dengan bijak 
  • Konsumtif: Masyarakat kita memang terkenal sangat konsumtif, setiap ada gadget keluaran baru pasti akan dibeli. Gadget lama dibuang atau ditukar tambah padahal gadget lama nya belum rusak dan masih layak pakai. Kategori konsumtif negatif bisa masuk ke kategori “gengsi” atau masuk dalam orang yang shopaholic dan konsumtif positif bisa masuk lebih pada kebutuhan kerja, seperti membutuhkan gadget yang berspesifikasi lebih tinggi agar nyaman dan lebih cepat dalam berkerja.

Kapan dan Dimana Kita Menggunakan Gadget?

Seperti yang saya bilang tadi, gadget bisa kita gunakan dimana saja dan kapanpun. Selagi di dapur, kita bisa menggunakan gadget untuk melihat resep. Ketika kita mengendarai mobil, kita juga bisa menggunakan GPS untuk navigasi arah agar tidak tersesat, yang saya tahu beberapa mobil juga sudah memiliki fitur GPS yang bisa berinteraksi dengan kita, jadi kita hanya perlu berbicara lalu mesin akan berkerja sesuai perintah kita. Gadget juga bisa dipakai untuk membangunkan kita, contohnya adalah alarm di smartphone. Selain sebagai alarm, biasanya orang memakai aplikasi sejenis “To do list” di smartphone mereka, sangat berguna untuk agenda dan mengingatkan kita agar tidak lupa jika ada janji atau kepentingan lainnya.

Gambar 5.1 Car GPS Navigator
Gambar 5.2 Apple Reminder (To Do List)
Gambar 5.3 Gadget Untuk Melihat Resep

Perusahaan Apa Saja yang Meramaikan Trend Gadget di Dunia?

Berikut adalah beberapa perusahaan yang berperan besar dalam trend gadget
  1. Apple: Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak ini telah menjadi perusahaan paling berharga menurut forbes.com. Karena inovasi dan kecanggihan dari gadget yang dihasilkan perusahaan apple, orang - orang sangat ingin memiliki gadget dari perusahaan “apel bekas tergigit” ini. Salah satu gadget andalannya adalah iPhone dan iPad, smartphone dan tablet revolusioner yang telah menyihir banyak para maniak gadget dan membuat orang yang mencoba gadget ini tidak melirik gadget lainnya. Tidak heran jika produk dari Apple memiliki harga yang fantastis dibandingkan para rival nya.
  2. Microsoft: Tidak hanya Apple, raksasa perusahaan yang bergerak di bidang software yang didirikan oleh Bill Gates ini juga ikut andil dalam trend gadget di dunia, sebut saja OS Windows Phone yang telah dipakai Samsung, Nokia dan HTC yang sudah mulai menampakan diri di pertarungan gadget abad ini. Terlebih lagi Microsoft sudah meng-akuisisi Nokia bulan lalu, dan juga Microsoft sudah meluncurkan tablet yang dinamai-nya Surface. Tidak heran jika gadget Microsoft tahun ini akan menduduki jajaran gadget terlaris.
  3. Blackberry: Siapa sih yang tidak tahu blackberry? Perusahaan yang terkenal dengan smartphone qwerty dan Blackberry Messenger-nya ini pernah menjadi produk terlaris di dunia dan BBM menjadi layanan chat paling booming di Indonesia. Tapi sayangnya sekarang Blackberry mulai ditinggali para penggunanya, karena minimnya inovasi yang dibuat oleh perusahaan yang dulu bernama Research in Motion ini. 
  4. Samsung: Perusahaan elektronik asal korea selatan ini tidak hanya memproduksi alat rumah tangga dan alat kebutuhan kantor saja, tapi juga memproduksi gadget seperti smartphone. Smartphone Samsung menjadi gadget terlaris di dunia dengan persentasi 35% lebih unggul dari produk lainnya di dunia, diikut dengan Apple dan lainnya dengan persentasi 20% (http://gadgetsamsung.com/samsung-rajai-pasar-gadget-2013/)
  5. Android: Sistem operasi yang di akuisisi dan dikembangkan oleh Google ini telah menduduki hampir seluruh gadget di dunia. Sebut saja perusahaan seperti Sony, Samsung, HTC, Motorola, LG, dan masih banyak lagi perusahaan yang memakai sistem operasi ini di gadget atau smartphone mereka. Tidak hanya smartphone, alat lainnya seperti lemari es, GPS, jam tangan, dan televisi juga banyak yang telah memakai sistem operasi ini.
  6. Google: Selain sistem operasi Android, perusahaan yang terkenal dengan mesin pencari nya ini juga memiliki gadget yang bisa dibilang sangat inovatif, sebutu saja Google Glass. Kacamata pintar Google ini memiliki banyak fungsi, diantaranya menonton video, mengabadikan momen dengan kamera, mencari arah dengan GPS (google maps), surfing di internet dan video call. Semua bisa dilakukan hanya dengan perintah suara dan gerakan mata.
Gambar 6.1 iPhone 5S


Gambar 6.2 Nokia Lumia 1520
Gambar 6.3 Blackberry Q10 dan Blackberry Z10


Gambar 6.4 Samsung Galaxy S4


Gambar 6.5 Android Logo


Gambar 6.6 Google Glass

Sumber Gambar:

Note: Saya tidak memiliki hak cipta atas konten video dan gambar dalam artikel ini, sepenuhnya foto dan video ini saya ambil dari google, youtube dan website/blog milik orang lain. Jika saya lupa atau tidak lengkap dalam memberikan sumber, saya minta maaf sebesar besarnya kepada  pemilik gambar dan video. Sepenuhnya artikel ini bertujuan untuk pengetahuan semata.

No comments:

Post a Comment